Calcium Carbonate Surabaya

Calcium Carbonate Surabaya

Saat ini bahkan sejak awal abad 19, yaitu era Industrialisasi calcium carbonate banyak di manfaatkan dalam bidang industri. Di Indonesia sendiri calcium carbonate telah digunakan secara luas di berbagai macam Industri, mulai dari Industri Semen, Industri Gelas & Kaca, Industri Kertas, Industri Cat, Industri Pemurnian & Pengolahan Baja.

Dipasaran, calcium carbonate dijual dalam dua jenis, yaitu jenis heavy (berat) dan jenis light (ringan). Calcium Carbonate heavy diproduksi dengan cara menghancurkan batu kapur hasil penambangan menjadi powder halus, lalu disaring sampai diperoleh ukuran powder yang diinginkan. Selanjutnya tepung kalsium karbonat hasil penyaringan disimpan dalam silo-silo atau tempat penyimpanan yang berukuran besar sebelum dikemas.

Sedangkan calcium carbonate light diperoleh setelah melalui proses produksi yang agak rumit, dibandingkan dengan heavy type. Pertama-tama batu kapur dibakar dalam tungku berukuran raksasa, untuk mengubah CaCO3 menjadi CaO (oksida kalsium) dan gas karbon dioksida atau CO2.

CaCO3 –> CaO + CO2

Proses selanjutnya, CaO yang terbentuk kemudian dicampur dengan air dan diaduk. Maka terbentuklah senyawa kalsium hidroksida atau Ca(OH)2. Kalsium hidroksida yang telah terbentuk kemudian disaring untuk memisahkan senyawa-senyawa pengotor.

CaO + H2O –> Ca(OH)2

Ca(OH)2 yang telah disaring kemudian direaksikan dengan CO2 untuk membentuk CaCO3 dan air, seperti ditunjukkan oleh persamaan reaksi berikut:

Ca(OH)2 + CO2 –> CaCO3 + H2O

Endapan CaCO3 hasil reaksi di atas kemudian di saring dan dikeringkan. Selanjutnya Kalsium hidroksida dihaluskan menjadi powder CaCO3.

Ditinjau dari segi Kualitas, Batu Kapur atau Calcium Carbonate memiliki beberapa parameter kualitas, yakni Kadar / Kandungan CaCO3, Kemurnian / Homogenitas dan Corak Warna (Kadar Keputihan). Di Indonesia, sumber daya alam Batu Kapur / Limestone atau istilah kimia nya Kalsium Karbonat sangatlah banyak dan menyebar di hampir seluruh wilayah Indonesia, mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua.

Sejalan dengan meningkatnya permintaan calcium carbonate dipasar dalam negeri, saat ini kami PT. Golden Stone Indonesia mendirikan pabrik pengolahan calcium carbonate yang berada di Pasuruan Jawa Timur untuk memenuhi kebutuhan pasar yang terus meningkat. Produk yang kami hasilkan antara lain Butiran Kalsium Karbonat (Biji Kapur), Bubuk Kalsium Karbonat dan Bubuk Ultrafine Kalsium Karbonat. Ditunjang dengan mesin yang handal dan berteknologi, produksi kami memiliki kapasitas & kualitas yang dapat diandalkan.

Info & Pemesanan :

marketing01@gosindo.com

marketing02@gosindo.com

031-731 9898 (Phone)

031-734 2634 (Fax)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *